Kata-Kata Motivasi

Menjaga hidup kita agar bisa terus memiliki semangat hidup setiap hari terkadang menjadi sangat sulit bagi sebagian orang. Beberapa orang menganggap dirinya terlalu realistis, sehingga tidak pernah berpikir bahwa dirinya bisa melakukan sesuatu yang lebih baik. Hal inilah yang kerap kali mencegah seseorang untuk bisa bekerja lebih baik daripada sebelumnya. Tidak ada semangat dan kepercayaan dalam diri bahwa ia mampu mengerjakan hal yang lebih baik, lebih banyak, serta lebih menantang.

Apakah Anda termasuk orang yang sulit untuk membangun diri dengan kepercayaan pada diri sendiri? Jika iya, Anda harus segera mengubah kebiasaan seperti ini. Apalagi bila Anda memiliki mimpi untuk bisa mencapai sesuatu. Sesederhana apapun tujuan Anda, bila Anda tidak memiliki semangat dan motivasi untuk melakukannya, Anda tidak akan pernah mencapai tujuan tersebut. Untuk membantu Anda mendapatkan motivasi yang bisa mendorong Anda lebih bersemangat dan lebih percaya diri, berikut 15 kata-kata yang dapat memotivasi Anda memulai hari :

1. Kegagalan Bukan Alasan Untuk Kita Takuti

Kegagalan adalah sebuah hal yang sangat wajar terjadi. Ini bukanlah hal yang buruk, justru kegagalan adalah sebuah tanda bahwa Anda sudah mencoba melakukan sesuatu meski belum berhasil mengerjakannya secara sempurna dan mencapai tujuan. Setiap orang yang mencoba pasti akan menemui rintangan dan tak menutup kemungkinan bahwa mereka akan mengalami beberapa kali kegagalan. Jangan pernah berhenti pada beberapa kegagalan tersebut. Anda tidak pernah tahu betapa Anda sebenarnya sudah sangat dekat pada keberhasilan setelah melewati beberapa kegagalan.

2. Tanggung Jawab Atas Apa Yang Sudah Di Percayakan

Ketika Anda memutuskan untuk bekerja, berkarya, dan mencapai tujuan, ucapkan pada diri Anda sendiri bahwa Anda bisa menyelesaikan apa yang Anda mulai. Jadilah pribadi yang bertanggung jawab atas dirinya sendiri, atas pilihan yang sudah dibuat. Setiap orang mungkin akan memiliki pilihan yang berbeda namun setiap orang pasti memiliki alasan untuk memilih hal tersebut. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda benar-benar sudah mempertimbangkan dengan matang keputusan Anda? Jika iya, Anda juga harus siap untuk menanggung segala risiko ketika Anda mengerjakan sesuatu.

3. Melakukan Hal-hal Yang Bermanfaat

 

Tidak penting seberapa lama Anda telah hidup, orang yang tua belum tentu dewasa dan mereka belum tentu benar-benar sudah mencicipi asam garam kehidupan. Anda tidak perlu khawatir jikalau Anda masih muda atau justru sudah terlalu tua secara umur. Hidup Anda tidak ditentukan dari seberapa lama Anda hidup. Hidup Anda dihitung ketika Anda bisa melakukan hal bermanfaat sesering mungkin. Dalam kaitannya dengan hal ini, orang yang melakukan hal bermanfaat pasti tak akan menyia-nyiakan waktu.

4. Tegas Akan Diri Sendiri

Tidak ada hal yang bisa dicapai tanpa perjuangan dan pengorbanan. Hanya mereka yang sanggup berusaha dengan gigih lah yang akan menuai apa yang ditanam. Begitu pula dengan Anda. Ketika Anda memiliki tujuan dan mimpi, pergi dan kerjakan dengan sepenuh hati. Jangan biarkan orang lain mempekerjakan Anda untuk menggapai mimpi mereka yang sebenarnya adalah mimpi Anda. Pastikan ada jatuh bangunnya, namun semua itu adalah bagian dari proses. Jadi, biarkan diri Anda mengalami prosesnya, tetaplah berjuang dan tegaskan dalam pikiran dan perbuatan Anda bahwa hasil tidak pernah mengkhianati proses.

5. Jangan Terlalu Mengharapkan Orang Lain

Jangan terlalu menggantungkan harapan apapun kepada orang lain. Kesuksesan hidup Anda dan bagaimana nasib Anda ditentukan oleh pikiran Anda, keputusan Anda, dan yang jelas adalah sikap dan perilaku Anda. Kebahagiaan Anda tidak didapat dari orang lain melainkan dari diri Anda sendiri. Membiasakan diri untuk tidak selalu berharap kepada orang lain akan menjaga Anda dari rasa sakit yang mungkin timbul akibat Anda tidak mendapatkan balasan sesuai apa yang Anda berikan pada orang lain.

6. Seorang Pemenang Tidak Akan Pernah Menyerah Karena Kegagalan

Anda adalah pemenang bagi diri Anda sendiri. Berhenti berjuang hanya karena gagal berkali-kali bukan cerminan seorang pemenang. Anda harus yakin bahwa diri Anda patut dihargai, maka buktikan bahwa diri Anda adalah pribadi yang tangguh. Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan, hanya beberapa dari mereka tidak terlalu lama menyesal dalam kegagalan. Ingat, kegagalan adalah bukti bahwa Anda telah mencoba. Ketika Anda gagal, Anda tahu mana yang harus diperbaiki dan Anda bisa melanjutkan kembali untuk merebut mimpi Anda.

7. Lakukan Perubahan Lebih Baik Lagi

Dunia ini terlalu keras untuk mengandalkan keunggulan diri dan kemampuan yang Anda dapatkan mulai dari sekolah formal hingga kegiatan non akademik selama masa sekolah. Jauh di dalam diri, Anda harus memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk hal apapun sehingga Anda bisa menyesuaikan diri di mana saja. Dengan kekuatan fleksibilitas ini, Anda akan lebih mampu menghadapi perubahan dalam bentuk apapun. Inilah yang menjadikan orang-orang sukses bisa bertahan selama berproses hingga berhasil mendapatkan tujuan dan mimpi mereka.

8. Sabar Adalah Pilihan Terbaik

Emosi dalam diri orang berbeda-beda. Ada yang sangat sensitif, ada pula yang bisa dikatakan tidak memiliki emosi. Kenali diri Anda, apakah Anda tipe orang yang emosional atau tidak? Jika iya, Anda perlu berlatih untuk mengendalikan diri dan emosi Anda. Hidup di dunia yang keras ini bisa saja akan mempermainkan perasaan Anda, hingga terkadang Anda merasa sedih, kecewa, dan marah. Melampiaskan emosi pada orang lain bukanlah hal yang tepat. Untuk menjaga keadaan Anda dan orang di sekitar Anda tetap baik, berlatihlah untuk menjadi orang yang sabar.Dengan kesabaran, Anda akan lebih jernih dalam berpikir sehingga Anda bisa menyelesaikan masalah dengan penyelesaian yang tepat.

9. Jangan Pernah Mengeluh Atau Menangis Ketika Sedang Ada Masalah

Setiap orang pasti mempunyai masalah, setiap orang pasti pernah mengalami masa terburuk dalam hidupnya dan tak jarang hal ini mematahkan semangat hidup. Meski tak mengalami masalah yang sama namun berat masalah yang dihadapi setiap orang berbeda. Jangan pernah menyerah pada keadaan ketika Anda sedang menghadapi masalah. Jangan hanya mengeluh maupun menangis. Memang beberapa keadaan akan sangat menyebalkan, menyedihkan, bahkan membuat Anda tertekan. Menangis memang meredakan emosi sementara namun mengeluh tak akan membantu Anda menemukan penyelesaian. Beranjaklah dari zona nyaman Anda dan hadapi masalah Anda dengan keberanian. Ketika Anda merasa tidak bisa menyelesaikan masalah Anda sendirian, jangan ragu untuk berbagi cerita dan meminta dukungan kepada orang-orang terdekat Anda.

10. Di Saat Kita Selesaikan Masalah, Pasti Akan Ada Masalah Lain Yang Lebih Sulit

Masalah hadir bukan untuk memperlemah kita, justru masalah hadir untuk semakin menguatkan kita, melatih kita menghadapi situasi yang lebih sulit, dan ketika kita bisa menyelesaikan masalah tersebut artinya kita sudah menapaki level dalam hidup yang lebih tinggi. Jangan pernah merasa bahwa Anda sedang dicobai dengan masalah hidup, tapi coba tantang masalah Anda apakah Anda bisa ditaklukkan hanya dengan masalah hidup?